Daftar bibliografi perpustakaan

Identifikasi Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Ekonomi Penduduk Pulau Pramuka Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu
Nomor Panggil TA/2011/1925 LUB
Pengarang LUBIS, Ruhut Mangaradja
Dosen Pembimbing Rina Priani, Ir., MT
Penerbit Bandung: Prodi PWK SAPPK-ITB, 2011
Abstraksi Pariwisata saat ini telah menjadi kebutuhan dan kecenderungan bagi beberapa lapisan masyarakat. Pernyataan tersebut dapat dilihat dari kunjungan wisatawan yang terus meningkat. Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan tersebut salah satunya terjadi di Pulau Pramuka. Pulau Pramuka sebagai Ibu Kota Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu mulai diminati sebagai destinasi wisata karena daya tarik wisata baharinya. Aksesibilitas serta fasilitas pendukung pariwisata yang baik juga menjadi faktor penarik wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Pramuka. Adanya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Pramuka menunjukkan adanya pengembangan pariwisata di Pulau Pramuka. Pemanfaatan lahan untuk sektor pariwisata dan pertumbuhan usaha ? usaha di sektor pariwisata semakin meningkat. Pengembangan pariwisata di Pulau Pramuka secara langsung juga berdampak kepada ekonomi penduduk setempat. Oleh karena itu dibutuhkan identifikasi dampak pengembangan pariwisata terhadap ekonomi penduduk Pulau Pramuka Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.
Dampak pengembangan pariwisata terhadap ekonomi penduduk pada penelitian ini dilihat dari dampak ekonomi berupa dampak terhadap peluang kerja, pendapatan, serta harga dan tarif yang ditinjau dari usaha ? usaha pariwisata yang dijalankan oleh penduduk Pulau Pramuka. Usaha ? usaha yang menjadi objek penelitian yakni usaha akomodasi, makanan dan minuman, transportasi, penyewaan alat ? alat snorkeling, dan toko cinderamata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha ? usaha pariwisata di Pulau Pramuka berkembang pesat dengan adanya pengembangan pariwisata. Hal tersebut terjadi karena adanya permintaan yang besar dari wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pramuka. Responden pada survei primer sebagian besar menyatakan bahwa dengan adanya pengembangan pariwisata di Pulau Pramuka memberi dampak positif bagi ekonomi mereka. Dampak positif tersebut dinyatakan responden dengan timbulnya peluang kerja dan pendapatan yang meningkat. Untuk harga dan tarif yang berlaku di Pulau Pramuka tidak jauh berbeda dengan yang berlaku di darat.
Dari temuan studi yang diperoleh, Pulau Pramuka memiliki potensi wisata berupa daya tarik khususnya wisata bahari. Dengan kondisi Pulau Pramuka sebagai Ibu Kota Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, keuntungan ini harus dimanfaatkan dari sisi pengembangan pariwisata di Pulau Pramuka. Daya tarik wisata yang dianggap sebagai pemicu tumbuhnya usaha pariwisata di Pulau Pramuka harus dikembangkan guna meningkatkan dampak positif terhadap ekonomi penduduk. Peningkatan potensi daya tarik tersebut harus diikuti dengan peningkatan fasilitas penunjang pariwisata khususnya pada sarana transportasi dan jaringan listrik di Pulau Pramuka. Upaya pemberdayaan masyarakat juga sebaiknya ditingkatkan guna meningkatkan mutu pariwisata Pulau Pramuka.
Subyek ...
Kata kunci Pulau Pramuka, Pengembangan Pariwisata, Ekonomi Penduduk.
Tipe Materi Koleksi Tugas Akhir
Deskripsi Fisik viii, 127 hlm.; 21 x 30 cm
Bahasa Indonesia

Lihat data satuan

No Nomor induk Lokasi Status
1 1115401925 TA Tersedia
2 4154001925 TA Tersedia